Macam Macam Seragam Baju Dinas Yang Ada Di Indonesia

Baju dinas merupakan busana seragam yang digunakan untuk perlihatkan identitas dari Pegawai Negeri Sipil saat menjalankan tugas. Ada pula atrbut yang jadi isyarat untuk melengkapi busana dinas tersebut. Atribut tersebut kebanyakan sesuai bersama jabatan orang yang bersangkutan.

Kelengkapan busana yang digunakan oleh PNS wajib sesuai bersama type pakain dinasnya juga kaos kaki, sepatu, ikat pinggang, dan atribut lainnya.

Pengawai Negeri Sipil punya sebagian type busana dinas yakni sebagai berikut:

  • Pakaian Dinas di Departemen Dalam Negeri
    Pakaian dinas yang dikenakan oleh PNS di lingkungan Departemen Dalam Negeri meliputi PDH (Pakaian Dinas Harian), PSH (Pakaian Sipil Harian), PSR (Pakaian Sipil Resmi), dan PSL (Pakaian Sipil Lengkap)
  • Pakaian Dinas di Pemerintah Provinsi
    Jenis busana dinas yang digunakan di lingkungan pemerintah provinsi nyaris serupa bersama busana di Departemen Dalam Negeri yakni Pakaian Dinas Harian, Pakaian Sipil Harian, Pakaian Sipil Resmi, Pakaian Sipil Lengkap, dan Pakaian Dinas Lapangan. Yang membedakan hanya terdapat terhadap Pakaian Dinas Lapangan
  • Pakaian Dinas di Pemerintah Kota/ Kabupaten
    Pakaian dinas ini terdiri dari Pakaian Dinas Harian, Pakaian Sipil Harian, Pakaian Sipil Lengkap, Pakaian Sipil Resmi, Pakaian Dinas Lapangan, dan Pakaian Dinas Upacara Setiap busana dinas yang disebutkan di atas tentu punya kegunaan untuk perlihatkan identitas dari pegawai, sarana pengawasan pegawai, dan perlihatkan jabatan tertentu. Beberapa busana dinas di Pemkot atau Pemkab hanya digunakan untuk camat atau lurah. Bahan busana dinas yang umum digunakan adalah bahan drill. Anda juga bisa lho menggunakan seragam olahraga
  • Pakaian Dinas Harian
    Model busana dinas ini terdiri dari kemeja lengan pendek warna khaki bersama lidah bahu, celana panjang warna khaki, ikat pinggang,kaos kaki, dan sepatu hitam. Untuk wanita bersifat busana bersama keputusan yang serupa tetapi mengenakan rok bersama ukuran 15 cm di bawah lutut dan sepatu fantofel berwarna hitam. Untuk busana dinas harian wanita hamil atau berjilbab bisa menyesuaikan. Bagi pegawai bersama golongan IV/A ke atas, tak hanya memakai busana dinas harian juga bisa mengenakan Pakaian Sipil Harian didalam menjalankan tugas.
  • Pakaian Dinas Harian Lurah dan Camat
    Pakaian Dinas untuk lurah dan camat pria bersifat kemeja lengan pendek warna khaki berlidah bahu, celana panjang warna khaki, ikat pinggang, kaos kaki, dan sepatu warna hitam dan juga isyarat pangkat atau jabatan. Untuk wanita punya keputusan yang serupa bersama busana dinas harian tetapi bersama isyarat pangkat atau jabatan. Sedangkan PDH untuk wanita hamil dan berhijab bisa menyesuaikan.
  • Pakaian Sipil Harian
    Baju dinas ini dikenakan saat bekerja sehari – hari atau aktivitas lain yang bersifat umum. PSH pria bersifat jas berlengan pendek dikombinasikan bersama celana panjang berwarna sama. Model busana anggota leher berdiri dan terbuka dan juga disempurnakan bersama 3 saku yakni dua di bawah kiri dan kanan dan juga 1 di atas kiri. Baju PSH didesain bersama 5 buah kancing. Baju PSH untuk wanita memliki keputusan serupa tetapi dipadukan bersama rok sedang wanita berhijab menyesuaikan.
  • Pakaian Sipil Resmi
    PSR digunakan untuk menghadiri suatu upacara tetapi bukan upacara kenegaraan, dipakai di malam hari, dan menerima kunjungan tamu dari luar negeri. Pakaian ini bersifat jas engan panjang dipadukan bersama celana panjang berwarna sama, kancing 5 buah, type leher, dan saku seperti PSH. Untuk PSR wanita bersifat jas lengan panjang, rok 15 cm di bawah lutut berwwarna sama, kancing 5 buah, kerah leher, dan saku cocok keputusan PSH. Untuk PSR wanita hamil dan berjilbab menyesuaikan.
  • Pakaian Sipil Luar
    Pakaian ini dikenakan saat upacara resmi kenegaraan atau saat bepergian ke luar negeri didalam tugas negara. Ketentuannya adalah jas berwarna gelap dipadukan bersama kemeja dan dasi dan juga celana panjang berwarna sama. PSL wanita juga bersifat jas berwarna gelap, kemeja, dasi, dan rok 15 cm di bawah lutut bersama warna serupa bersama jas
  • Pakaian Dinas Luar
    Pakaian ini digunakan saat menjalankan tugas di lapangan yang sifatnya teknis. Ketentuan busana ini nyaris serupa seperti PDH yakni setelan berwarna khaki dan mengenakan sepatu warna hitam.
  • Pakaian Dinas Upacara
    Pakaian dinas ini cocok bersama namanya digunakan untuk jalankan upacara di hari – hari besar dan upacara pelantikan. PDU lurah atau camat bersifat kemeja berwarna putih, jas putih bersama kancing berwarna kuning emas, dasi berwarna hitam polos, celana panjang putih, kaos kaki hitam, dan sepatu kulit hitam. Untuk PDU wanita bersifat kemeja warna putih, jas putih bersama kancing kuning emas, dasi hitam polos, rok putih bersama panjang 15 cm di bawah lutut, dan sepatu pantofel berwarna hitam. Jika anda kesusahan dalam mencari seragam PNS, hubungi seragam pns
  • Baju Dinas Guru Pakaian dinas yang dikenakan oleh guru PNS berbeda-beda pada satu area bersama yang lain. Namun busana yang wajib dikenakan adalah busana dinas harian. Ketentuan busana ini serupa seperti busana dinas harian yang digunakan oleh pegawai sipil di kantor pemerintahan. Saat ini kehadiran type – type busana dinas guru wanita sebenarnya lebih beragam. Perpaduan desain dari busana tersebut bisa sebabkan guru wanita muncul lebih modern dan modis. Berikut ini adalah sebagian semisal busana kerja guru yang populer saat ini
  • Baju Guru Lengan Panjang
    Ini adalah salah satu type busana yang banyak dipilih untuk seragam dinas. Baju ini nyaman dipakai dan beri tambahan kesan yang lebih sopan bagi orang yang memakainya. Jenis busana ini sebaiknya dibikin bersama ukuran yang pas tetapi tidak terlampau ketat mengingat guru adalah sosok yang jadi panutan bagi para muridnya.
  • Baju Guru Lengan Pendek
    Selain busana bersama lengan panjang, type busana dinas untuk guru juga banyak yang pakai lengan pendek. Ukuran lengan seragam ini serupa seperti lengan blus wanita terhadap umumnya. Baju ini memadai banyak diminati karena lebih praktis dan tidak gerah saat dipakai.Untuk type ini tentu hanya bisa dipakai oleh guru wanita yang tidak berhijab. Baju guru lengan pendek untuk wanita bisa dipadukan bersama celana panjang atau rok.
  • Baju Guru Muslimah
    Baju guru yang satu ini saat ini sudah banyak diminati. Apalagi kebanyakan sekolah saat ini juga sudah mewajibkan guru – guru wanita yang beragama Islam untuk mengenakan jilbab sehingga busana guru muslimah ini jadi pilihan yang tepat. Baju tersebut tersedia yang bersifat setelan busana lengan panjang bersama rok panjang. Selain itu tersedia pula setelan busana muslimah bersifat busana lengan panjang dan celana panjang sehingga tetap sangat mungkin guru untuk bergerak secara lebih leluasa saat mengajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *