korset pasca caesar

Pakai Korset Pasca Melahirkan Caesar, Boleh atau Tidak?

Masalah yang di hadapi oleh ibu pasca melahirkan caesar adalah bagian perut yang seakan bertambah besar dari sebelum mengandung, dan sebenarnya ini wajar dan bukan menjadi masalah (kalau menurut kesehatan) tapi akan menjadi masalah jika menyangkut dengan penampilan.

Dan cara mengecilkan perut besar pasca caesar salah satunya menggunakan korset, yang bertujuan agar penampilan ibu terlihat ramping dan bisa meningkatkan kepercayaan diri.

Inilah kenapa muncul pertanyaan bolehkah pakai korset pasca caesar, berbahaya atau tidak?, karena seperti kita ketahui operasi caesar berhubungan dengan pembedahan di daerah perut, dan pemakaian korset sendiri secara langsung akan menekan perut yang terdapat luka sayat dan jahitan.

Ternyata menurut dokter di bolehkan untuk memakai korset setelah melahirkan caesar, tapi dengan beberapa syarat yang mesti di penuhi, dan ini akan berbeda perlakuannya dengan ibu yang melahirkan secara normal melalui jalan lahir. Berikut saya tuliskan syarat pemakaian korset pasca caesar.

Ini Syarat Pakai Korset Pasca Melahirkan Caesar

korset pasca caesar
korset pasca caesar

Syarat yang pertama adalah, korset pasca caesar yang akan di pakai harus berbahan halus, karena seperti keterangan di atas, korset akan menekan bagian perut yang terdapat luka sayat dan jahitan dan hal ini akan memberikan gesekan ketika ibu bergerak.

Jika korset yang di pakai berbahan kasar, maka akan menimbulkan masalah pada luka jahitan ibu, karena gesekan yang di timbulkan akan menyebabkan iritasi, dan iritasi ini jika berkelanjutan bisa menyebabkan luka jahitan infeksi.

Untuk meminimalisir hal tersebut, maka ibu sebaiknya memilih korset yang berbahan halus, seperti katun. Memang masih akan ada gesekan karena ibu pasti bergerak, tapi hal ini akan meminimalisir terjadinya iritasi.

Syarat yang kedua adalah jangan gunakan korset dengan kencang, tapi pakai korset dengan ikatan yang sedang saja, Ini masih berkaitan dengan luka yang ada pada daerah perut ibu, jika pengikatan korset terlalu kencang maka akan menekan luka, dan ini tidak baik.

Hal yang akan terjadi adalah ketidak nyamanan ibu saat memakai korset tersebut, dan tekanan yang kencang pada area luka akan menyebabkan rasa sakit, sebaiknya ibu sesuaikan dengan kenyamanan ibu sendiri.

Syarat selanjutnya adalah konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang memeriksa ibu, karena kondisi luka sayat dan jahitan yang lebih paham adalah dokter yang memeriksa ibu, walaupun ibu merasa siap untuk memakai korset, tapi ibu tidak tahu bagaimana kondisi luka yang ada di dalam, jadi sebaiknya konsultasikan kepada dokter dan patuhi anjurannya.

Jika dokter sudah mengijinkan, maka ibu harus penuhi syarat pertama dan kedua yang saya tulis di atas.

Manfaat Pakai Korset untuk Ibu Pasca Melahirkan Caesar

Manfaat korset pasca caesarseperti keterangan di atas adalah untuk mengencangkan otot perut atau mengembalikan bentuk perut ke keadaan semula seperti saat sebelum masa kehamilan.

Untuk menyangga punggung, dengan pemakaian korset maka punggung ibu akan tersangga sehingga badan ibu akan tegak dan tidak bungkuk.

Untuk menegakan atau menyangga tulang belakang.agar selalu lurus.

Menambah kepercayaan diri ibu yang menggunakan korset, karena bentuk perut seperti ramping dan tidak besar seperti sehabis melahirkan., walupun kenyataannya tidak demikian.

Jadi kesimpulannya memakai korset pasca caesar adalah boleh dan tidak terlarang karena sebenarnya pemakaian korset memiliki beberapa manfaat seperti yang saya tuliskan di atas.

Selalu konsultasikan kepada dokter yang memeriksa ibu untuk penggunaan korset ini, agar benar benar aman, karena dokter lebih tahu bagaimana keadaan luka yang ibu alami.

Demikian semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *