penyakit paru - paru obstruktif

Mengenal Penyebab Paru – Paru Obstruktif

Penyakit paru obstruktif adalah penyakit paru-paru yang sangat mengancam nyawa dan mengganggu pernafasan normal. Kondisi ini lebih parah dari sekedar “batuk perokok”. Gejala penyakit ini adalah sesak napas, batuk dan produksi lendir. Penyakit ini ditandai dengan leterbatasan aliran udara yang kronis.

penyakit paru - paru obstruktif

Akibat penyakit ini, lebih dari 30juta orang meninggal pada tahun 2012 yang sebanding dengan 6% dari semua kematian secara global pada tahun tersebut. Penyakit paru obstruktif dapat dicegah dengan mengurangi penyebab penyakit ini. Contohnya seperti berhenti merokok, vaksinasi, rehabilitasi dan sering menghirip bronkodilator dan steroid.

Pemeriksaan penyakit paru-paru obstruktif sebaiknya harus dipertimbangkan pada siapapun yang berusia lebih dari 35 tahun hingga 40 tahun yang mengalami sesak nafas, produksi lendir, batuk kronis, atau batuk pilek yang sering pada musim dingin, serta memiliki sejarah terpapar factor-faktor resiko dari penyakit tersebut. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan menggunakan alat Spirometer.

Beberapa factor penyebab terjadinya penyakit paru-paru obstruktif adalah sebagai berikut :

1. Merokok

Factor utama resiko terjadinya penyakit ini adalah merokok. Paparan jangka panjang terkena asap rokok sangat berbahaya. Semakin bertambahnya tahun dan semakin menumpuknya bungkus rokok yang anda hisap maka akan semakin besar resiko anda terkena penyakit ini.

2. Polusi udara

Rokok merupakan factor utama resiko terkena penyakit ini, namun merokok bukanlah satu-satunya factor resiko terkena penyakit ini. Polusi udara dalam ruangan ataupun luar ruangan juga dapat menjadi factor terjadinya resiko penyakit ini jika kondisi paparan bersifat intens atau berkepanjangan.

3. Debu dan bahan kimia

Paparan jangka panjang terhadap debu, bahan kimia, dan gas industry dapat menyebabkan peradangan saluran pernapasan dan paru-paru sehingga dapat meningkatkan resiko penyakit paru obstruksi.

4. Usia

Penyakit paru obstruktif ini paling sering dialami oleh orang yang berusia minimal 40 tahun yang memiliki riwayat merokok. Insidensi ini meningkat seiring bertambahnya usia. Jika anda sudah memiliki factor resiko penyakit ini, sebaiknya anda diskusikan dengan dokter. Berkonsultasi dengan dokter sangat penting jika anda sudah berusia diatas 45 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *