Cara Membuat Kandang Ternak Murai Batu

Cara Membuat Kandang Ternak Murai Batu

Kabarnya harga pasaran burung murai batu dapat mencapai kisaran puluhan juta. Semua itu bisa terjadi karena habitat ini, semakin bertambah tahun keberadaannya menjadi langka. Untuk itu anda harus mengetahui cara membuat kandang ternak murai batu dengan baik, supaya habitat hewan ini tidak punah.

Siapa sangka burung murai batu telah mampu menghipnotis banyak orang, karena suara burung ini sangat bagus dan perawakannya begitu menawan. Mari simak uraian penjelasan cara membuat kandang ternak murai batu di bawah ini.

Artikel Terkaitjenis pleci yang bagus buat lomba

 

Cara Membuat Kandang Ternak Murai Batu

Cara Membuat Kandang Ternak Murai Batu

Kriteria Tempat yang Perlu Diperhatikan

Cara membuat kandang ternak murai batu yang pertama, yaitu anda harus mengetahui seperti apa kriteria tempat yang perlu diasiapkan. Diantaranya yaitu kandangnya sebaiknya yang bersih, aman, nyaman, terkena sinar matahari secara langsung, ada sirkulasi udaranya, serta tidak bising.

Dalam pembuatan kandang ini, buatlah dua pintu masuk, antara lain ada pintu alternatif dan pintu utama. Kalau anda akan melakukan perawatan, gunakanlah pintu yang utama. Lalu jika untuk memudahkan penangkar melihat indukan burung ini pada kandang,maka menggunakan pintu alternatif.

Bagian Alas Kandang

Adapun cara membuat kandang ternak murai batu pada bagian alas kandangnya,sebenarnya cukup sederhana. Anda tidak perlu harus memlesternya dengan semen,beralaskan tanah juga tidak menjadi suatu masalah. Justru malah mudah dibersihkan, bahkan kotorannya juga dapat digunakan untuk menyuburkan tanah.

Hiasi Bagian Dalam Kandang

Hiasilah bagian kandang burung ini dengan menyediakan tenggeran untuk melincahkan gerakannya. Selain itu juga lengkapilah dengan dipasangi tempat makan, dan tempat mandi sehingga hewan ini senantiasa sehat serta bersih. Agar lebih sempurna tambahi beberapa pohon, supaya kandang lebih indah dan terkesan alami. Untuk itu cobalah mempraktekan cara membuat kandang ternak murai batu.

Sediakan Tempat untuk Bertelur

Buatlah kotak sarang yang berbahan dasar dari kayu sebagai tempat untuk bertelur. Pada umumnya sarang tersebut di dalamnya di taburi merang dan daun cemara. Biasanya tempat menetas ini, terletak di dekat pintu utama. Cara membuat kandang ternak murai batu ini kabarnya sudah banyak dipraktekan oleh pecinta burung. Sekian pemaparan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *